SMK SMAK Padang Sebelum Pembelajaran Rutin Baca Al-Quran

PADANG: Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA) adalah sekolah analis kimia program 4(empat) tahun hanya 3 (tiga) di Indonesia dan hanya 1 (satu) di Pulau Sumatera milik Kementerian Perindustrian R.I dibawah naungan BPSDMI mempunyai impian dan cita-cita “Menjadi role model pendidikan bokasi industri yang mencetak lulusan siap kerja, berakhlak mulia, dan berwawasan lingkungan”.

Kegiatan setiap harinya SMK SMAK Padang yang juga membina peserta didik menjadi pribadi yang berakhlak mulia pada pagi hari sebelum dimulai Pembelajaran di kelas Kepala Sekolah Drs.Nasir menyambut langsung siswa yang baru datang, dan melakukan rutinitas keliling di lingkungan sekolah.

Sebelum pembelajaran di kelas dimulai siswa berkumpul di lapangan melaksanakan apel pagi serta setiba diruang kelas dan ruang laboratorium diwajibkan untuk siswa Mengaji dengan membaca Al-Quran selama 15-30 menit. Kegiatan yang tampak hangat, teduh dan tenang ini konsisten menghiasi waktu pagi saat siswa siswi sebelum memulai pembelajaran. 

Kegiatan ini ditujukan agar para siswa siswi dapat meningkatkan daya ingat dan tanggung jawabnya terhadap ibadah, meningkatkan kecerdasan spiritual, dan mengajarkan kepada siswa siswi untuk selalu mengedepankan ibadah sebelum memulai aktifitas di pagi hari.

Meskipun hanya dibaca sedikit demi sedikit namun setiap hari, mengaji dan belajar agama tetap dapat membawa banyak sekali manfaat untuk siswa siswi.
Adapun tujuan mengaji pagi antara lain menumbuhkan kebiasaan membaca dan menghafal Al Quran setiap hari.

Selain itu sebelum masuk kelas mereka juga dibusakan dilapangan membacakan bersama -sama Asma’ul Husna .
Ini upaya sekolah untuk bisa jadi kebiasaan bagi anak – anak didik yang mana cita- cita sekolah selain menyelenggarakan pendidikan kejuruan berbasis spesialisasi dan kompetensi yang siap kerja dan mampu bersaing di Dunia Usaha dan Dunia Industri, juga mendidik sehingga berakhlak mulia.

Selanjutnya Drs.Nasir selaku kepala sekolah juga menambahkan dimana guna tumbuh dalam hati peserta didik untuk mencintai Al Quran serta siswa akan mendapat keutamaan kecerdasan otak, kecerdasan spiritual, serta memelihara Alquran akan mendapat syafaat, memberi mahkota kemuliaan bagi orang tua di surga, serta mendapat derajat tinggi, ” ujarnya. #infohumas_smakpadang/meri.s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *