SMK SMAK Padang Ajarkan Pidato Pasambahan Adat Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau

PADANG: Giat Muatan Lokal (Mulok) Di SMK SMAK Padang hari ini digelar oleh kelas XI sebagai guru pendamping Efri Yuhelmi,S.Pd. Tema yang diangkat adalah Pidato Pasambahan Adat Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau.
Pasambahan merupakan pembicaraan dengan hormat antara dua belah pihak yang berdialog ( si pangka jo si alek ).Rabu,17 Januari 2023

Pasambahan termasuk sastra lisan dengan menggunakan Bahasa Minang dalam acara perkawinan, kematian dan acara adat lainya.

Adapun nilai yang terkandung dalam pasambahan, kerendaham hati, musyawarah, ketelitian dan taat adat.
Adapun tujuan pembelajaran ini peserta didik dapat memahami fungsi sambah yang dijelaskan dalam makna kata dan filosifi tutur kata yang hanya menggunakan diskusi alat sebagai ciri orang Minang Kabau yang memang dengan gaya bahasa berkias dan permisalan dalam sebuah seni berpidato pasambahan.

Melalui mata pelajaran muatan lokal Keminangkabauan diharapkan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang taat beragama, mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak tercerabut dari akar budayanya sebagai orang Minang. Muatan lokal Keminangkabauan sangat memegang peranan penting untuk kembali menghidupkan falsafah adat basandi syarak, syarak bersandi kitabullah (ABS-SBK).#infohumas_smakpdg (Meri.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *