Menperin Dapat Sambutan Meriah Saat Lakukan Lawatan ke SMK SMAK Padang

PADANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) – SMAK Padang atau dikenal dengan SMAKPA mendapatkan kunjungan khusus Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam rangkaian lawatannya ke Padang. Menperin sekaligus meresmikan gedung Student Center di lingkungan kampus SMAKPA, satu – satunya sekolah Analis Kimia di Sumatera itu.

Menperin Agus Gumiwang menyampaikan, sebagai upaya mendukung SDM industri yang berdaya saing, Kementerian Perindustrian saat ini terus melengkapi infrastruktur dan sarana prasarana pada satuan pendidikan. Salah satunya berupa gedung Student Center untuk SMK SMAK Padang, juga pada 11 Politeknik, 2 Akademi Komunitas, 9 SMK Industri, dan 7 Balai Diklat Industri yang berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI).

“Seluruh satuan pendidikan Kemenperin tersebut ditetapkan dengan spesialisasi tertentu di bidang industri, dan telah link and match dengan dunia usaha industri, saya merasa bangga bahwa lulusan dari Politeknik dan SMK Kementerian Perindustrian selalu memiliki tingkat serapan tinggi di industri, dengan masa tunggu tidak mencapai 1 tahun,” ujar Menperin di Padang Senin (4/9) lalu.

“Saat ini sekolah dan Politeknik Kementerian Perindustrian sudah tidak diragukan lagi kualitasnya karena telah menjadi Role Model bagi sekolah vokasi di Indonesia, untuk itu sekolah dan Politeknik Kemenperin ditantang untuk meningkatkan kuantitasnya” tambah Agus Gumiwang.

Selanjutnya dalam lawatan tersebut Kepala BPSDMI, Masrokhan, yang juga mendampingi Menperin, menyampaikan terima kasih kepada Menperin yang telah memberikan perhatian khusus bagi pendidikan vokasi dan hadir untuk para siswa dan mahasiswa sekolah Kemenperin.

Dalam laporannya, Kepala BPSDMI menuturkan upaya peningkatan jumlah SDM Industri pada seluruh sekolah vokasi telah mulai dilaksanakan pada tahun ini, karena tingginya kebutuhan SDM di dunia industri.

Masrokhan menambahkan bahwa seluruh sekolah vokasi telah menorehkan prestasi yang membanggakan, SMAKPA khususnya telah meraih prestasi predikat WBBM dalam Zona Integritas, Akreditasi tertinggi dari BAN SM tahun 2023 dengan nilai 98, Top 99 Inovasi pada kompetisi SINOVIK tahun 2022 serta banyak pretasi lainnya. Hal ini telah sejalan dengan tagline BPSDMI bahwa satu satuan kerja harus meraih minimal satu prestasi besar “one vocasional unit – one great achievement”.

Disambut Meriah

Kunjungan Menperin dan jajaran pejabat Kemenperin ke SMK SMAK Padang mendapatkan sambutan meriah dari seluruh siswa dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan. Sesi berfoto bersama siswa lebih dominan karena banyaknya permintaan dari para siswa.

Saking antusiasnya siswa SMK SMAK Padang, mereka rela berpanas – panasan dan mengantri untuk dapat berswafoto dengan sang menteri. Siswa juga tidak melewatkan kesempatan berfoto dengan pejabat Kemenperin lainnya.

Kepala SMK SMAK Padang, Nasir mengungkapkan kegembiraannya terkait kunjungan Menperin Agus Gumiwang.

“Kami gembira dengan kedatangan Pak Menteri menunjukkan perhatian besar terhadap SMAKPA. Selain meresmikan gedung kami (Student Center) beliau memberikan semangat yang sangat berarti bagi kami untuk lebih maju lagi,” ungkap Nasir.(humas_smakpdg/m.s/der)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *