Kemah Mandiri Siswa SMK SMAK Padang Ajak Siswa Membangun Karakter Kemandirian

PADANG: SMK SMAK Padang mengadakan Kemah Mandiri Siswa (KMS) yang mengangkat tema “Terwujudnya Generasi Beriman Mandiri dan Berprestasi .” Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak hari Jumat 15 Desember berakhir di hari Minggu tanggal 18 Desember 2023, yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI sebanyak 526 siswa dan 52 guru pembimbing dan mengundang guru pembina dari SMK SMTI Padang serta beberapa peserta anggota pramuka SMK SMTI Padang. Giat ini dibuka langsung oleh Kepala SMK SMAK Padang Drs.Nasir saat pelepasan dilapangan upacara bendera SMK SMAK Padang, Jumat 15 Desember 2023 dan ditutup hari Sabtu 17 Desember di lokasi bumi perkemahan Tiger Camp Aia Dingin Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kita Padang. Senin (18/12/2023)

Dalam Pembukaan Nasir selaku Kepala SMK SMAK Padang membeberkan kepada siswa atau peserta bahwasanya “Perkemahan merupakan salah satu kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan dilingkungan alam luar, kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman dalam menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam, mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, dan menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.”

Perkemahan ini diadakan di Tiger Camp Lubuk Minturun Kota Padang untuk bisa diikuti oleh siswa dan pembimbing yang tidak jauh dari pusat kota Padang yang tujuannya sekolah bisa lebih dekat mengakses kegiatan.

Nasir juga menambahkan ,”Sebagai salah satu bentuk untuk pengembangan karakter siswa, SMK SMAK Padang mengadakan Pembinaan Karakter, Bela Negara dan Hidup Mandiri melalui kemah kepramukaan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tiger Camp Aia Dingin Kecamatan Koto Tangah Lubuk Minturun Kota Padang diikuti oleh 526 peserta kelas X dan kelas XI didampingi 52 peserta panitia /guru pembimbing.

Dalam kegiatan perkemahan ini dilaksanakan beberapa kegiatan seperti upacara Pramuka, api unggun, pementasan seni dan atraksi dari peserta kemah, dan berbagai perlombaan lainnya SMK SMAK Padang juga menghadirkan H.Maigus Nasir selaku Wakil Ketua Kwarda Pramuka Sumatera Barat , memberikan siraman rohani dan motivasi kepada seluruh peserta dibumi perkemahan Jumat malam.

Semantara itu, Kepala SMK SMAK Padang dalam menambahkan dalam sambutannya mengatakan kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dengan sasaran akhirnya pembentukan kemandirian siswa ,watak, akhlak dan budi pekerti dan generasi beriman dan berprestasi.

Selanjutnya pada kegiatan api unggun dilaksanakan , didapuk sebagai pembina upacara Mila Handrefa selaku Kepala Subbag Tata Usaha SMK SMAK Padang dan sekaligus sebagai Kakak Pembina Pramuka SMK SMAK Padang.

Mila menyampaikan dalam amanatnya, “Pada kesempatan yang baik ini selaku Pembina Upacara, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada adik-adik semua peserta Kemah Mandiri Siswa SMK SMAK Padang yang saya cintai dan saya banggakan.”

Pertama, tanamkan kebanggaan kalian sebagai anak Indonesia. Giatlah belajar dengan tekun dan rajin. Tingkatkan ketaatan beribadah disertai aktivitas olah jiwa dan olahraga. Hormati orang tua dan guru-guru kalian. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan sekalian sesama siswa SMAK Padang, dan Kedua, jadilah remaja yang aktif, kreatif, dan enerjik. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan. Ajak rekan-rekan kalian untuk mengisi kegiatan dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang dapat dijadikan sebagai bekal ketika dewasa kelak. Persiapkan diri kalian semua dengan baik untuk memegang estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.

Selanjutnya bahwa penyelenggaraan kegiatan Kemah Mandiri Siswa ini dari dukungan dan partisipasi semua pihak. Oleh karena itu perkenankanlah saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ketua Komite SMK SMAK Padang dan Bapak/Ibuk Panitia serta Adik-adik sangga kerja, atas segala upaya dengan sekuat tenaga membaktikan diri untuk kesuksesan Kemah Mandiri Siswa Tahun 2023 ini dengan baik. Semoga tujuan mulia yang hendak kita capai akan dapat kita wujudkan sesuai dengan dambaan kita bersama, tutur Mila.

Pada kesempatan berikutnya Nasir selaku Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih saat acara penutupan kepada Ketua Pelaksana dan seluruh panitia yang sangat bersemangat yang tidak kenal lelah membimbing siswa dan mengikuti rangkaian acara dari awal sampai selesai.
Semoga jadi ladang pahala bagi kita semua, tukuk Nasir saat penutupan berlangsung.(infohumas_smakpdg/meri.s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *