JARVIS SMK-SMAK PADANG T.P.2024/2025

ADA 3 JALUR PENERIMAAN PPDB DI SMK-SMAK PADANG, JALUR PENERIMAAN VOKASI INDUSTRI ( JARVIS ) :

JARVIS Prestasi adalah jalur di mana pendaftarannya berlandaskan kepada prestasi calon siswa/mahasiswa. Tentunya, prestasi akademik/non akademik menjadi acuannya. Yang dimaksud dengan prestasi akademik adalah nilai/skor yang didapatkan peserta saat bersekolah.

  1. Memiliki PRESTASI di bidang Akademik atau Nonakademik yang dapat dibuktikan Dengan Sertifikat/Surat Keterangan. 
  2. Melakukan pendaftaran online melalui website https://psb.smk-smakpa.sch.id atau melakukan pendaftaran secara langsung ke kampus SMK-SMAK Padang (mematuhi protokol Kesehatan yang berlaku).
  3. Mengisi biodata dan nilai rapor secara online, serta upload foto halaman depan rapor (bagian biodata) pada akun masing-masing di website PPDB SMK SMAK Padang.
  4. Fotokopi rapor yang sudah dilegalisasi dari semester I – IV (diserahkan saat wawancara).
  5. Surat Keterangan Ranking 10 Besar dari Kepala Sekolah untuk prestasi akademik (diserahkan saat wawancara).
  6. Fotokopi Sertifikat / Piagam Penghargaan / Olimpiade / Lomba Nonakademik jika ada untuk prestasi nonakademik (diserahkan saat wawancara).
  7. Tidak buta warna, dibuktikan dengan surat keterangan tidak buta warna dari dokter/puskesmas (diserahkan saat wawancara).
  8. Berbadan Sehat, tidak bertato, tidak bertindik khusus untuk pria, serta tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses belajar mengajar, dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dari dokter/puskesmas (diserahkan saat wawancara).
  9. Formulir Pendaftaran yang sudah dicetak dan dibawa saat mengikuti wawancara.

Jarvis Mandiri merupakan jalur penerimaan yang diselenggarakan sendiri oleh masing-masing SMK, Politeknik, dan Akademi Komunitas yang berada di bawah Kemenperin. Dari situ, masing-masing SMK, Politeknik, dan Akademi Komunitas tersebut juga menentukan peraturan tersendiri untuk JARVIS Mandiri.

  1. Melakukan pendaftaran online melalui website https://psb.smk-smakpa.sch.id atau melakukan pendaftaran secara langsung ke kampus SMK-SMAK Padang (mematuhi protokol Kesehatan yang berlaku).
  2. Mengisi biodata dan nilai rapor secara online, serta upload foto halaman depan rapor (bagian biodata) pada akun masing-masing di website PPDB SMK SMAK Padang.
  3. Mengikuti tes sesuai jadwal yang ditentukan disekolah. Materi tes: Matematika, IPA (Biologi dan Fisika), Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  4. Fotokopi rapor yang sudah dilegalisasi dari semester I – IV (diserahkan saat wawancara).
  5. Tidak buta warna, dibuktikan dengan surat keterangan tidak buta warna dari dokter/puskesmas (diserahkan saat wawancara).
  6. Berbadan Sehat, tidak bertato, tidak bertindik khusus untuk pria, serta tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses belajar mengajar, dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dari dokter/puskesmas (diserahkan saat wawancara).
  7. Formulir Pendaftaran yang sudah dicetak dan dibawa saat mengikuti wawancara.

JARVIS Bersama merupakan jalur penerimaan vokasi lewat tes yang diadakan secara serentak. Karena alasan itulah, nama “Bersama” digunakan.
JARVIS Bersama bisa dibilang sebagai JARVIS yang paling umum sifatnya. Pasalnya, tak ada persyaratan khusus seperti JARVIS Prestasi yang mengharuskan pendaftar untuk memiliki satu prestasi tertentu, dan tak ada peraturan tersendiri dari institusi masing-masing seperti JARVIS Mandiri.

1. Daftarkan diri 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan diri dan membuat akun pada menu pendaftaran di website jarvis.kemenperin.go.id.

2. Isi data diri

Setelah Anda memiliki akun, Anda bisa melakukan pengisian data diri di kolom pendaftaran dengan mengisi identitas diri, identitas orang tua, identitas sekolah, dan pilihan jurusan dan kampus yang diminati. Pengisian data diri ini hanya bisa diisi selama periode pendaftaran dan pastikan mengisi data sebelum batas akhir pendaftaran

3. Unggah dokumen 

Cara pendaftaran JARVIS Bersama yang selanjutnya ialah mengunggah dokumen yang diperlukan seperti foto diri dan persyaratan dari jurusan atau kampus yang dituju jika ada.

4. Validasi pendaftaran

Selanjutnya Anda harus melakukan validasi pendaftaran pada tahap 6 untuk mengunci data Anda. Dengan adanya validasi ini, Anda sudah tidak dapat mengubah informasi tentang data diri lagi.

5. Cetak kartu ujian 

Setelah divalidasi, Anda akan diberikan kartu ujian dan harus mencetak kartu tersebut. Kartu tersebut akan menyertakan tanggal dan tempat ujian yang harus Anda ikuti.