Libatkan Kelas Dual System, SMK- SMAK Padang Gelar Pelatihan AMT 268 siswa.

 

Padang, 2 Januari 2020.

Sekolah Menengah Kejuruan -Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) Padang kembali membekali siswa- siswinya dalam pelatihan motivasi untuk pengembangan diri dalam meraih prestasi. Pembekalan dalam bentuk Achievement Motivation Training (AMT) tersebut dilaksanakan di kampus SMAK Padang, Kamis (2/1/2020).

 

Kepala SMK SMAK Padang Drs. Nasir mengatakan, program AMT wajib diikuti siswa. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri, pengayaan wawasan dan pengembangan diri untuk mencapai prestasi. AMT juga merupakan pembekalan bagi siswa sebelum mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) sekaligus pendukung kompetensi memasuki dunia kerja nantinya.

Tahun ini AMT dilaksanakan dua tingkat yaitu kelas XI dan kelas XII . Kelas XI (Kelas Dual System) dan Kelas XII adalah kelas Reguler, Siswa SMAK Padang wajib mengikuti AMT sebelum memasuki prakerin, sehingga mereka memiliki dasar untuk memasuki dunia industri yang lebih kuat, ujar Nasir usai membuka kegiatan AMT.

Nasir menjelaskan, dalam AMT ini tidak boleh libur atau tidak mengikuti kegiatan ini , satu hari saja dianggap batal mengikuti kegiatan ini siswa dilatih oleh ‘trainer’ berpengalaman sebanyak 20 orang, diantaranya, berpengalaman mengajar dan pernah menjabat Kepala Sekolah dan posisi penting di Satuan Kerja (Satker) Kementerian Perindustrian serta dari Disperindag Sumatera Barat, Dosen Politeknik ATI Padang dan kalangan independen. Kami mendatangkan trainer berpengalaman untuk melatih siswa-siswi dalam kegiatan AMT ini, tutur Nasir.

Lebih lanjut, Nasir memaparkan tujuan Achievement Motivation Training (AMT) ini bukan menilai kepribadian pesertanya, akan tetapi untuk membantu mengembangkan motif berprestasi pesertanya. Motif prestasi yang dikembangkan oleh AMT adalah suatu dorongan dalam diri seseorang yang membuatnya mencari kepuasan melalui usaha pencapaian yang bersifat prestatif (achieving).
Dalam dunia kerja, AMT didesain untuk membantu perusahaan dalam upaya meningkatkan kemampuan karyawannya dengan memotivasi diri secara efektif. Karyawan yang mampu menumbuhkan motivasi diri secara efektif akan sangat mempengaruhi kehidupan kerja sehari-hari dan kepuasan kerja. Dengan kemampuan tersebut, akan terpupuk semangat karyawan dalam beprestasi dan terus berusaha untuk memetik hasil terbaik.

“Begitu pula siswa-siswi yang nantinya bakal memasuki industri, mereka juga harus memotivasi diri dalam mencapai tujuannya,” ujar Nasir. Sementara itu, selaku penanggung jawab pelaksanaan AMT TP 2019 -2020 SMAK Padang, Yeni Darmayanti mengatakan, kegiatan AMT tahun ini berlangsung dua tingkat , yakni Kelas XII , 268 orang kelas reguler dan XI ( Kelas Dual System) mengingat kelas XI tahun kedua di SMAK Padang ini adalah kelas Dual system yaitu sebanyak 28 siswa awal tahun ini akan langsung Praktek Kerja Industri . Kegiatan ini mulai 2 Januari 2020 sampai dengan 6 Januari 2020 diikuti 268 siswa secara keseluruhan.

“Dalam kegiatan ini, Fasilitator atau Pelatih , didampingi guru-guru SMAKPA agar AMT berjalan lancar dan siswa dapat mengikuti dengan baik,” tuturnya.

 

Dokumen Foto :