Aksi Heroik Fajar Turunkan Bendera di Tengah Hujan Diapresiasi Kepala SMAKPA

PADANG – Kepala SMK SMAK Padang, Drs. Nasir mengapresiasi salah seorang siswa dalam rangkaian upacara bendera pada Senin (6/9/2022) pagi. Hal itu karena aksi heroik dari siswa bernama Fajar Ramadhan, yaitu dari kelas XI.

Begini ceritanya; pada minggu petang, hujan mengguyur daerah Pauh dan sekitarnya. Hujan menghambat aktifitas rutin warga. Termasuk siswa di SMK SMAK Padang yang usai praktek di laboratorium masih bertahan di sekolah, meskipun mulai beranjak malam.

Bendera merah putih yang biasanya diturunkan dari tiang saat menjelang petang, ternyata masih di tiangnya dan kebasahan. Di tengah hujan dan suasana yang mulai gelap itu, seorang siswa tiba – tiba berlari menerobos hujan. Siswa yang tidak lain Fajar Ramadhan itu dengan sigap membuka simpul tali pada tiang bendera dan menurunkan sang merah putih yang telah basah.

Aksi Fajar yang diketahui warga SMK SMAKPA lainnya itu dinilai sebagai sikap heroik. Itu wujud sikap dari rasa nasionalisme sejati yang harus dimiliki putra – Putri bangsa ini.

“Meskipun yang dilakukan Fajar terlihat sederhana, akan tetapi sikap itu memiliki nilai patriotik yang harus dijunjung tinggi. Begitulah seharusnya sikap kita dalam berbangsa dan bernegara, yaitu menghormati simbol – simbol negara, ” ulas Nasir dalam amanatnya kepada siswa.

Nasir yang memimpin sekolah vokasi besutan BPSDMI Kementerian Perindustrian berharap siswanya memiliki sikap yang sama seperti Fajar.

“Sikap bela negara dan cinta tanah air itu harus tertanam sejak dini agar teraplikasi dalam kehidupan sosial dan memasuki dunia kerja nantinya, ” imbuh Nasir.

Disaksikan seluruh peserta upacara bendera di SMAKPA pagi itu, Fajar diundang ke depan dan mendapatkan sebuah bingkisan dari Kepala Sekolah.

Fajar Ramadhan merupakan siswa kelas XI SMAK Padang yang berasal dari keluarga kurang mampu. Siswa yang tergolong cerdas, disiplin dan berani itu salah satu dari penerima beasiswa dari Baznas Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *